Cara Mengatasi Penurunan Trafik di Blog Setelah ganti Template

Bagi para blogger memiliki pengunjung atau trafik yang banyak dan stabil adalah kebanggaan tersendiri karena hal ini akan meningkatkan pendapatan blog kita dari iklan yang terpasang, namun jika blognya sunyi tentu saja akan membuat kita lesu dan kurang semangat dalam mengelola blognya tersebut.
Saat kita sudah mengganti template kita harus sesegera mungkin memperbaiki isinya sesuai dengan yang ada di template lama agar tidak banyak terjadi perubahan yang mengakibatkan menurunya trafik tersebut.
Untuk mengatasi hal tersebut tidak ada salahnya kita ikuti tips dibawah ini agar blog yang trafiknya turun bisa kembali normal seperti biasanya dan bahkan mengalami peningkatan dari sebelumnya. Berikut tips yang perlu diterapkan
Analisa Penyebab !
Sering kali kita kaget setelah kita ganti domain dari blogspot ke domain tld. Kita kaget karena grafik yang ada di overview blogger terus menurun. Sebenarnya tidak mengalami penurunan yang sebenarnya. Tapi, hanya saja akses link internal di dalam blog berubah alur. Yang dulunya example.blogspot.com sekarang berubah menjadi example.com sehingga, link yang semula ke example.blogspot.com tidak teridentifikasi atau tidak terdeteksi setelah kita ganti domain.

Cara Mengatasi Penurunan Trafik Sesuaikan Dengan Analisa.

Sama halnya saat kita ganti template, akses link internal akan berubah seiring banyaknya link internal yang kita rubah konfigurasinya di template kita yang baru. Untuk itulah kita sering tertipu, seakan-akan jumlah pengunjung dari blog kita menurun, karena grafik di blogger menunjukkan penurunan. Justru itu adalah angka yang sebenarnya. Jika angka di blogger sebelum ganti domain ada 1000, setelah ganti ke domain tld menjadi 200. Justru 200 inilah angka pageview atau jumlah pengunjung yang sebenarnya.
Yang jadi pertanyaan, apakah ini berpengaruh ke SEO dan PageRank?Jawabannya. Iya…
Karena terjadinya penurunan alangkah baiknya kita lakukan langkah berikut ini untuk mengembalikan semua link kembali pada jalur yang sebenarnya agar tidak meleset berikut langkah - langkah yang harus dilakukan untuk melakukan perbaikan :
  1. Daftarkan domain kalian yang baru ke Webmaster tools, Google dan Bing atau yang lainnya.
  2. Jika kalian mengganti template, Cek link akses dari template yang baru, jika kualitasnya lebih baik template yang lama, lebih baik menggunakan script yang lama hanya cssnya saja yang dirubah.
  3. Lakukan Submit Sitemap yang baru ke Webmaster tools. Untuk blogger bisa memakai yang seperti ini :
    http://www.DOMAIN-KAMU.com/atom.xml?redirect=false&start-index=1&max-results=500
  4. Karena menunggu GOOGLE BOT yang lumayan lama, lakukan submit secara manual semua link yang ada di blog kamu. Ini akan segera mengembalikan pagerank dan kualitas seo kamu di search engine. Caranya adalah submit secara manual ke kedua web berikut :
  5. Cara mengatasi penurunan trafik dengan submit manual memang sangatlah memakan waktu dan butuh kesabaran. Tapi mau tidak mau ini adalah cara tercepat untuk mengembalikan posisi pagerank dan kualitas SEO kita.
  6. Ganti atau buat ulang halaman daftar isi. (Daftar isi hampir sama dengan sitemap tapi yang saya maksud disini berbeda). Jika sitemap yang kita submit di Webmaster tool itu merupakan kode xml. Sedangkan sitemap atau daftar isi berupa html. Dengan kata lain kita membuat artikel yang di dalamnya berisikan daftar link aktif dari website kita.
  7. Segera lalukan ping sedini mungkin. Dengan ping web merupakan Cara mengatasi penurunan trafik yang efisien. Salah satunya adalah dengan ping ke web berikut ini : http://googleping.com/
Demikian artikel tentang mengatasi Penurunan Trafik di Blog Setelah ganti Template semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semuanya. salam sukses selalu untuk sahabat setia dimana saja berada.

Post a Comment

Previous Post Next Post

SLOT 1