Cara Memperbaiki File Corrupt Dengan CMD

Pada dasarnya komputer diciptakan untuk mempermudah pekerjaan manusia, sebagai perangkat elektronik komputer juga sangatlah rentan mengalami kerusakan. Oleh karenanya kita harus dapat menjaganya agar komputer tersebut dalam kondisi prima dan siap digunakan kapan saja. Dan terhindar dari berbagai virus yang dapat mengintai kapan saja karena kita tidak tau kapan dan dimana perkembangan virus dapat menyusup kedalam komputer yang kita miliki.
Jika komputer terasa sangat Lemot serta masalah-masalah yang terjadi di pada saat startup. Hal ini bisa saja disebabkan oleh file system Windows yang rusak, hilang, atau bisa saja berubah otomatis dikarenakan instalasi software tertentu. Dan hal ini sering kali membuat kita stres karena tingkah komputer yang kita miliki ini. 
Memang pada dasarnya masalah file system Windows merupakan masalah yang tidak terlalu berakibat buruk pada komputer, namun tetap saja jika hal ini dibiarkan kemungkinan masalah tersebut akan semakin menjadi besar dan malah bikin ribet lagi nantinya.
Pada kesempatan kali ini ana mau berbagi tips untuk memperbaiki file corupt pada komputer menggunakan CMD yang ada dikomputer kita sendiri tanpa menggunakan aplikasi atau software dari luaran sono. Berikut langkah demi langkah cara memperbaikinya : 

Pertama– Jalankan CMD

  • Pertama-tama, buka Command Prompt )CMD) sebagai Administrator. Dengan cara klik kanan pada logo Start, lalu pilih Command Prompt (Admin).
Cara memperbaiki file corrupt
Kedua – Scan file system
  • Untuk melakukan scan serta langsung melakukan perbaikan pada file system yang rusak, maka sobat dapat melakukannya dengan menuliskan perintah ini sfc /scannow pada CMD sobat
Proses ini akan sedikit memakan waktu yang cukup lama, karena scan ini dilakukan secara menyeluruh.
Cara memperbaiki file corrupt
Ketiga – Selesai
  • Selain itu, Sobat juga bisa menggunakan perintah sfc /verifyonly untuk melakukan peng scanan tetapi tanpa melakukan perbaikan apa pun.
  • Adapun, jika sobat hanya ingin melakukan scan pada 1 file system saja, maka sobat bisa gunakan perintah seperti di bawah ini.
Sebagai contoh, jika sobat ingin melakukan scan dan perbaikan pada file system bernama advapi32.dll yang terletak di folder C:\Windows\System32, maka sobat bisa langsung menggunakan perintah:
sfc /scanfile=C:\Windows\System32\ advapi32.dll
Atau juga bisa dengan perintah seperti ini /verifyonly=C:\Windows\System32\ advapi32.dll, untuk melakukan scan saja tanpa perbaikan apa pun.
Selain beberapa perintah yang telah disebutkan seperti di atas, berikut ini juga parameter lain yang bisa sobat gunakan dalam proses scanning, yang diambil langsung dari MSDN Microsoft :
  1. /scannow: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi secara langsung.
  2. /scanonce: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi secara bersamaan.
  3. /scanboot: Guna melakukkan scan pada file-file yang terproteksi setiap kali komputer restart.
  4. /revert: Guna mengembalikan scan ke operasi default.
  5. /purgecache: Guna menghapus cache Windows File Protecion dan melakukkan scan terhadap file system.
  6. /cachesize=x: Guna melakukkan set ukuran file cache untuk Windows Protection File, dalam MB.
  7. /filesonly: Guna melakukkan verifikasi atau repair file saja. Tidak memverifikasi atau repair registry.
  8. /offbootdir: Sobat bisa menggunakan opsi ini jika sobat ingin melakukkan repair atau perbaikan offline dan juga untuk menemukan lokasi file boot.
  9. /offwindir: Sobat bisa menggunakan opsi ini jika sobat ingin melakukan repair atau perbaikan offline dan juga Untuk menentukan lokasi direktori Windows.
  10. /revert: Opsi ini bisa mengembalikan ke pengaturan default.
  11. /?: Untuk menampilkan bantuan di Command Prompt Sobat bisa menggunkan opsi ini.
Itulah beberapa tips bagaimana Cara memperbaiki file corrupt dengan bantuan CMD yang dapat sobat praktekkan di rumah jika mengalami masalah file corrupt pada komputer.
Ingat jangan terburu buru untuk membawa komputer atau lektop yang rusak langsung ke tukang service jika kita bisa memperbaikinya kenapa tidak kita perbaiki sendiri. Oleh karenanya rajinlah membaca karena informasi saat sekarang ini mudah didapat dan kita langsung praktekkan pastinya kita akan bisa menyelesaikan masalah yang kita hadapi tersebut.

Post a Comment

Previous Post Next Post

SLOT 1